Minggu, 13 Mei 2012

Dendrobium saminolantum


Dendrobium saminolantum

           
Dendrobium saminolantum merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang antara 83-136 cm. Tanaman anggrek ini memiliki pertumbuhan batang yang padat dengan tipe batang sejati. Bentuk batang seperti batang buluh, berwarna ungu dan tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
          
Daun berbentuk lanset dengan  ujung daun runcing.  Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau gelap. Warna tepi daun yang masih muda ungu. Tekstur permukaan daun rata dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di sepanjang batang dan berstuktur tipis. Panjang daun antara 8,9-9,7 cm, sedangkan lebarnya 3,0-3,6 cm.
Bunga berwarna jingga dengan ujung sepal dan petal berwarna ungu dengan corak polos dan labelum berwarna jingga. Tipe sepal yaitu lanset dan petal yaitu bulat telur terbalik. Bunga bertandan dengan titik tumbuh bunga di ruas-ruas atau di ketiak daun dan tidak berbau. Ukuran panjang bunga 3,7 cm, lebar 3,0 cm, panjang tandan dan rangkaian bunga 1,4 cm.

0 komentar:

Posting Komentar