Minggu, 13 Mei 2012

Dendrobium anosmum Ambon


Dendrobium anosmum Ambon




Dendrobium anosmum Ambon merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang antara 75-134 cm. Tanaman anggrek ini memiliki pertumbuhan batang yang padat dengan tipe batang sejati dan memiliki pseudobulb. Bentuk batang seperti batang buluh, berwarna hijau terang dan tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini memiliki batang yang tumbuh menggantung.
       
Daun berbentuk lanset dengan  ujung daun runcing.  Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau terang. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun rata dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di sepanjang batang dan berstuktur tipis. Panjang daun antara 9,0-9,8 cm, sedangkan lebarnya 2,1-3,1 cm.
Bunga berwarna ungu dengan corak berbintik dan labelum berwarna ungu. Tipe sepal dan petal yaitu lanset. Bunga tunggal atau soliter dengan titik tumbuh bunga di ruas-ruas atau di ketiak daun dan berbau sangat harum. Ukuran panjang bunga 10 cm, lebar 7,2 cm dan tidak mempunyai tandan.

0 komentar:

Posting Komentar