Minggu, 13 Mei 2012

Phalaenopsis violaceae


Phalaenopsis violaceae

                                   
Phalaenopsis violaceae merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang 1,4 cm. Tanaman anggrek ini memiliki tipe batang sejati. Bentuk batang silindris berwarna hijau gelap dan tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini juga tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
                  
Bentuk daun bulat telur terbalik dengan  ujung daun membentuk dua lekukan yang tidak sama besar. Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau terang. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun keriput dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di bagian ujung batang dan berstuktur tebal. Panjang daun antara 20,4-21,7 cm, sedangkan lebarnya 7,6 cm.  
Bunga berwarna ungu dengan  labelum berwarna ungu dan corak bunga bergaris melintang. Tipe sepal dan petal yaitu lanset. Bunga bertandan dengan titik tumbuh bunga di sisi diantara ketiak daun dan berbau sangat harum. Ukuran panjang bunga 4,5 cm, lebar 4,5 cm, panjang tandan dan rangkaian bunga 14 cm.   

0 komentar:

Posting Komentar