Minggu, 13 Mei 2012

Coelogyne mayeriana


Coelogyne mayeriana
                            
Coelogyne mayeriana merupakan anggrek terestrial dengan tinggi batang antara 4,0-7,7 cm. Tanaman anggrek ini memiliki pertumbuhan batang yang padat dengan tipe batang semu dan memilki pseudobulb. Bentuk batang bulat telur pipih, berwarna hijau gelap dan tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
          
Daun berbentuk lanset terbalik dengan  ujung daun runcing.  Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau terang. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun keriput dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di bagian ujung batang dan berstuktur tipis. Panjang daun antara   12,5-27,3 cm, sedangkan lebarnya 2,8-5,5 cm.  
Bunga berwarna hijau muda dengan corak polos dan labelum berwarna putih tulang dengan corak garis berwarna cokelat. Tipe sepal dan petal yaitubentuk pedang. Bunga bertandan dengan titik tumbuh bunga di pangkal batang dan tidak berbau. Ukuran panjang bunga 7,2 cm, lebar 7,1 cm, panjang tandan dan rangkaian bunga yaitu 13 cm

0 komentar:

Posting Komentar