Minggu, 13 Mei 2012

Dendrobium tanii ungu lidah merah


Dendrobium tanii ungu lidah merah

              
Dendrobium tanii ungu lidah merah merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang antara 8,5-15,9  cm. Tanaman anggrek ini memiliki pertumbuhan batang yang padat dengan tipe batang sejati dan memilki pseudobulb. Bentuk batang silindris, berwarna hijau gelap dan tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
         
Daun berbentuk memanjang dengan  ujung daun terbelah. Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau terang. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun rata dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di sepanjang batang dan berstuktur tipis. Panjang daun antara 4,4-7,8 cm, sedangkan lebarnya 0,8-1,0 cm.
Bunga berwarna ungu dengan corak bergaris lurus dan labelum berwarna merah. Tipe sepal dan petal yaitu lanset dengan ujung membulat. Bunga bertandan dengan titik tumbuh bunga di ruas-ruas atau di ketiak daun dan tidak berbau. Ukuran panjang bunga 1,6 cm, lebar 1,0cm,  panjang tandan dan rangkaian bunga yaitu 1,5 cm.

0 komentar:

Posting Komentar