Minggu, 13 Mei 2012

Bulbophyllum fascinator


Bulbophyllum fascinator

Bulbophyllum fascinator merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang antara 1,4-2,2  cm. Tanaman anggrek ini memiliki tipe batang semu dan memilki pseudobulb. Bentuk batang oval memanjang beralur, berwarna hijau gelap dan mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
                          
Daun berbentuk memanjang dengan  ujung daun tumpul bertakik sedikit.  Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau gelap. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun rata dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di bagian ujung batang batang dan berstuktur tebal. Panjang daun antara  5,0-8,6 cm, sedangkan lebarnya 1,8-2,4 cm.
Bunga berwarna hijau dengan corak berbintik berwarna merah hati dan labelum berbintik berwarna merah hati. Tipe sepal yaitu lanset dan petal yaitu ekor mengecil. Bunga tunggal atau soliter dengan titik tumbuh bunga di pangkal batang dan berbau tidak sedap seperti bau terasi busuk. Ukuran panjang bunga 20 cm, lebar 2 cm, panjang tandan dan rangkaian bunga yaitu 7,1 cm.

0 komentar:

Posting Komentar