Minggu, 13 Mei 2012

Dendrobium seramensis


Dendrobium seramensis



Dendrobium seramensis merupakan anggrek epifit dengan tinggi batang antara 23-51,2 cm. Tanaman anggrek ini memiliki pertumbuhan batang yang padat dengan tipe batang sejati. Bentuk batang yaitu pangkal batang membesar berwarna hijau gelap dan  tidak mempunyai lekukan pada batang dewasa. Selain itu tanaman ini tidak memiliki batang yang tumbuh menggantung.
              
Bentuk daun lanset dengan  ujung daun membentuk dua lekukan yang tidak sama besar.  Helaian daun  memiliki upih daun membalut batang. Warna permukaan atas daun hijau terang. Warna tepi daun yang masih muda hijau. Tekstur permukaan daun keriput dan daun membentuk simetri. Titik tumbuh daun di sepanjang batang dan berstuktur tipis. Panjang daun antara 5,9-7,4 cm, sedangkan lebarnya 1,7-2,4 cm.  
Bunga berwarna putih dengan  corak bergaris melengkung berwarna ungu dan labelum berwarna putih. Tipe sepal yaitu elips dan petal yaitu bulat telur terbalik. Tandan bunga berpaku-paku dengan titik tumbuh bunga dii ruas-ruas atau di ketiak daun dan tidak berbau. Ukuran panjang bunga 1,4 cm, lebar 1,7 cm, panjang tandan dan rangkaian bunga 5,4 cm.

0 komentar:

Posting Komentar